Program Peningkatan Kemampuan Digital Siswa Madrasah di Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v2i1.62Abstrak
Artikel ini menguraikan bahwa penetrasi internet individu di Indonesia terus meningkat selama 2017–2021 hingga mencapai 62,10 persen pada tahun 2021. Salah satu indikator pembangunan teknologi informasi dan komunikasi adalah tingkat pemanfaatan internet. Secara umum, artikel ini bertujuan untuk menganalisis peluang pemanfaatan internet pada responden pendidikan madrasah dan pondok pesantren dibandingkan dengan sekolah umum di Sumatera Barat. Ini bisa menggambarkan keberhasilan implementasi mata pelajaran TIK siswa madrasah dan pondok pesantren dibanding siswa sekolah umum. Rekomendasi kebijakan terkait peningkatan kemampuan digital pada siswa madrasah dan pesantren ini berdasarkan hasil analisis statistic regresi logistic pada Data Susenas (Survey Sosial Ekonomi Nasional) BPS September 2021 terhadap 7.287 responden di wilayah Sumatera Barat. Hasilnya, analisis deskriptif menunjukkan, baru 60 persen responden Sumatera Barat yang memanfaatkan internet. Secara statistic, semua variabel bebas (klasifikasi wilayah, usia, jenis kelamin, dan pendidikan) berpengaruh signifikan terhadap peluang pemanfaatan internet. Responden perkotaan berpeluang untuk memanfaatkan internet lebih tinggi 2.69 kali lipat dibandingkan dengan responden di Perdesaan. Peluang responden usia remaja (≤ 24 tahun) untuk memanfaatkan internet lebih tinggi 6.69 kali lipat dibandingkan dengan yang sudah berusia dewasa. Peluang responden laki-laki untuk memanfaatkan internet lebih tinggi 1.27 kali lipat dibandingkan dengan perempuan. Peluang bagi responden dengan latar belakang pendidikan madrasah dan pesantren untuk memanfaatkan internet lebih tinggi 1.76 kali lipat dibandingkan responden dengan pendidikan di sekolah umum.
Unduhan
Referensi
Ahmad. (2022). Pembelajaran Khusus Teknologi Kembali di Masukkan, Kamad Harapkan Guru dan Siswa Berkolaborasi.
BPS. (2022). Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2021. Badan Pusat Statistik, Jakarta.
Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Daulay, H. P., Dahlan, Z., Priono, A., & Lubis, A. P. (2021). Kolonialisme dan Dikotomi Pendidikan di Indonesia. Islamic Education, 1(1), 1–10.
EMIS, 2021. (n.d.). EMIS | Dashboard | Pendis Kemenag. Retrieved March 25, 2023, from https://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=data-statistik
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.
Hapsary, M. S. A., Subiyanto, S., & Firdaus, H. S. (2021). Analisis Prediksi Perubahan Penggunaan Lahan Dengan Pendekatan Artificial Neural Network Dan Regresi Logistik Di Kota Balikpapan. Jurnal Geodesi Undip, 10(2), 88–97.
Hermawan, H. D., Deswila, N., & Yunita, D. N. (2018). Implementation of ICT in Education in Indonesia during 2004-2017. 2018 International Symposium on Educational Technology (ISET), 108–112.
Kemdikbud. (2019). Pedoman_Implementasi_Informatika. Simpandata. https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/JnBpaDSAWnXom4P
Marlia, M., Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., & Ilhami, M. R. (2022). Changes in the Behavior of the Riverside Community of Banua Anyar Village towards River Management Policies. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), 48–55.
Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 110–119.
Saimroh, S. (2018). Pemanfaatan Teknomogi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Kelas Computer Based Test: Studi MAN 1 Kota Bekasi. Penamas, 31(2), 311–326.
Satu Data—Kementerian Agama RI. (2022). https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-satuan-pendidikan-ra,-mi,-mts-dan-ma
Susana, H. (2022). Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 4(1), 1–8.
Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2020). Economic development. Pearson UK.
UMA, B. (2022, November 18). 7 Digital Skill Yang Dibutuhkan di Masa Depan, Kamu Wajib Tahu! Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Universitas Medan Area - Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Terbaik di Sumatera Utara. https://bamai.uma.ac.id/2022/11/18/7-digital-skill-yang-dibutuhkan-di-masa-depan-kamu-wajib-tahu/
Unesco, I. C. T. (2011). Competency framework for teachers. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Loly Volia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.