Transformasi Digital Pengawasan Pendidikan: Strategi Mengatasi Ketimpangan Rasio Pengawas Madrasah di Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v4i2.269Abstrak
Artikel kebijakan ini dilatarbelakangi oleh tantangan serius dalam pengawasan pendidikan madrasah di Provinsi Jambi, yaitu ketimpangan rasio pengawas dan madrasah yang ekstrem, yang menyebabkan pengawasan tidak efektif dan melebarkan kesenjangan mutu antarwilayah. Data menunjukkan disparitas tajam, dari rasio ideal 1:4,4 di Kota Jambi hingga beban kerja berlebih 1:25,5 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang mereduksi supervisi menjadi formalitas administratif dan mengorbankan fungsi pembinaan pedagogis. Melalui analisis USG, masalah "Belum Adanya Sistem Pengawasan Digital Terpadu" diidentifikasi sebagai prioritas utama karena potensinya sebagai solusi pengganda (multiplier effect). Policy paper ini menggunakan kerangka teori kesenjangan, teori sistem, dan teori agensi untuk membedah akar masalah, serta meninjau konsep e-supervisi, desentralisasi pengawasan, dan Pengembangan Profesional Berkelanjutan (PPB) berbasis data. Sebagai solusi strategis, diusulkan kebijakan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Pengawasan Terpadu Berbasis Digital (e-Supervisi). Platform ini dirancang untuk mengefisienkan proses, mengurangi beban administratif, dan menyediakan data real-time untuk pengambilan keputusan yang akuntabel. Implementasi e-supervisi diharapkan tidak hanya mengatasi kendala geografis dan sumber daya, tetapi juga mentransformasi peran pengawas menjadi fasilitator strategis. Kebijakan ini juga menjadi fondasi untuk memberdayakan kepala madrasah sebagai supervisor internal dan mendorong budaya kolaborasi melalui Professional Learning Community (PLC), demi menciptakan ekosistem pengawasan yang adil, akuntabel, dan berbasis data untuk peningkatan mutu pendidikan madrasah yang merata di seluruh Provinsi Jambi.
Unduhan
Referensi
Arwildayanto, A., Arifin, I., & Sumar, W. T. (2021). Evaluasi Program Peningkatan Kompetensi Pengawas Sekolah: Studi pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(5), 725-732.
Bertalanffy, L. von. (1968). General System Theory: Foundations, Development, Applications. George Braziller.
Danim, S., & Khairil. (2014). Profesi Pendidikan Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 23–30. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/article/view/3468
Eisenhardt, K. M. (1989). Agency Theory: An Assessment and Review. Academy of Management Review, 14(1), 57–74. https://doi.org/10.5465/amr.1989.4279003
Fattah, N. (2014). Landasan Manajemen Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 52–60. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/4435
Gafur, A. (2016). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 128–138. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/11228
Ghufron, A. (2013). Integrasi Sistem Monitoring, Evaluasi, dan Supervisi untuk Penjaminan Mutu Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 94–105. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1376
Hallinger, P., & Heck, R. H. (2008). Leadership for Learning: Does It Make a Difference? Educational Administration Quarterly, 44(5), 625–628. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0013161X08321422
Hattie, J. (2008). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
Hendarman. (2017). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79–88. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/9490
Husnah, T. A., & Kholis, N. (2019). Peran Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 253–276. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jpi/article/view/5835
Jabar, C. S. A. (2014). Konsep dan Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1), 133–139. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6401
Jasruddin, D., & Haryanto. (2017). Analisis Kebutuhan Pelatihan Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 47(1), 24–34. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/12911
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X
Katz, D., & Kahn, R. L. (1978). The Social Psychology of Organizations (2nd ed.). John Wiley & Sons.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 1–17. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1043
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. https://jdih.kemdikbud.go.id/site/asset/peraturan/Permendiknas%20Nomor%2013%20Tahun%202007.pdf
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 143/2014 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/site/asset/peraturan/Permendikbud_Tahun2016_Nomor028.pdf
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. https://jdih.kemdikbud.go.id/site/asset/peraturan/Permendikbud_Tahun2018_Nomor015.pdf
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. https://jdih.kemdikbud.go.id/site/asset/peraturan/Permendikbudristek_Nomor_40_Tahun_2021_Salinan.pdf
Muhtadi, A. (2016). Peran Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Implementasi Standar Proses Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–12. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8261
Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 88–97. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2539
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 163–177. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/2607
Nurkolis, N., & Rofiq, A. (2022). Analisis Kebutuhan Peningkatan Kompetensi Digital Pengawas Madrasah di Era 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1269-1279.
Pardjono, Sugiyono, & Soenarto. (2012). Model Penjaminan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kinerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 179–191. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/999
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50. https://doi.org/10.1177/002224298504900403
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165362/pp-no-57-tahun-2021
Raharjo, T. J. (2020). E-Supervisi Berbasis Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Efektivitas Supervisi Akademik. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 108–115.
Slameto. (2016). Peran Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(2), 143–151. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jmp/article/view/8816
Sonhadji, A. (2016). Supervisi Klinis dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 109–118. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/7918
Sriyanti, L. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Kolegial oleh Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 159–168. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/2967
Suhardan, D. (2016). Supervisi Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(1), 1–15. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/2930
Supriadi, D. (2010). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2), 129–141. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/522
Sutarsih, C., Triatna, C., & Suherman, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(2), 188–198. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/27705
Umiarso, & Tilaar, H. A. R. (2016). Manajemen Pendidikan: Tinjauan Analisis Kritis Perspektif Multikultural. Prenada Media.
Yuliani Nurani. (2017). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 27–42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3642
Yusuf, F., Basri, M., & Sidin, M. (2019). Efektivitas Sistem Informasi Manajemen dalam Monitoring dan Evaluasi Kinerja Dosen. Jurnal Ad'ministrare, 5(2), 447–454. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/8277
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anwar

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




