Tata Kelola Badan Layanan Umum di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Berbasis Good Governance
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v3i3.83Abstrak
Policy Paper ini menguraikan bahwa kebijakan Badan Layanan Umum (BLU) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129/PMK.05/2020 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum, yang bertujuan untuk meningkatkan otonomi, efisiensi, dan kualitas layanan pendidikan. Tujuan analisis kebijakan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pengelolaan BLU pada PTKIN yang lebih efektif. Tulisan ini menggunakan metode penulisan kualitatif dengan pendekatan pada analisis deskriptif dari berbagai sumber data terkait dengan kebijakan penerapan BLU pada PTKIN. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi kebijakan BLU pada PTKIN telah membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan perguruan tinggi. Namun, implementasi kebijakan ini menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan budaya organisasi, keterbatasan sumber daya manusia, kesulitan dalam mengadaptasi model bisnis yang kompetitif, keterbatasan infrastruktur, dan kompleksitas regulasi. Kajian ini menganalisis tantangan-tantangan tersebut dan mengusulkan beberapa alternatif solusi inovatif, seperti penguatan tata kelola, peningkatan kapasitas SDM, diversifikasi sumber pendapatan, pengembangan model bisnis berbasis riset, pemanfaatan teknologi digital, dan penguatan kerjasama dengan industri. Upaya tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif yang seluas-luasnya kemakmuran pada transformasi kelembagaan di perguruan tinggi, yang secara berkesinambungan melahirkan peningkatan kualitas pada pelayanan publik.
Unduhan
Referensi
Alifa, H. N., & Sulaeman, A. S. (2023). Perguruan Tinggi Negeri BLU di Indonesia; Pengelolaan Anggaran, Karakteristik, dan Peningkatan Kinerja. 11(2), 401–416. https://doi.org/10.17509/jrak.v11i2.48827
Bogdan, R., & Biklen, S. (2016). Prosedur Penelitian Kualitatif (Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods). Pustaka Setia.
Derenov, N., & Rizky, R. Y. (2023). Analisis Korupsi dan Upaya Mewujudkan Good Governance di Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 15(2), 135–149. https://doi.org/10.33701/jiapd.v15i2
Ditjen Perbendaharaan, K. J. (2023, Agustus). Tata Kelola dan Kinerja (Tingkat Maturitas) Badan Layanan Umum. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jatim/id/layanan/layanan-umum/badan-layanan-umum/2954-tata-kelola-kinerja-tingkat-maturitas-badan-layanan-umum.html
Haribowo, I., & Mulyani, S. D. (2021). Good University Governance of PTKIN Public Services Agency in Indonesia. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 6(2), 516–533. https://doi.org/10.23887/jia.v6i2.36508
IBIKKG. (2024, May 22). Fishbone Diagram: Alat Analisis untuk Mengidentifikasi Penyebab Masalah. Institut Bisnis Informatika Kwik Kian Gie. https://kwikkiangie.ac.id/2024/05/22/fishbone-diagram-alat-analisis-untuk-mengidentifikasi-penyebab-masalah/
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Edisi Kedua. Prenada Media Kencana.
Madhani, P. M. (2009). “Management of Intangible Assets: A Value Enhancing Strategy in Knowledge Economy”. ICFAI University Press, h. 20—36.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi) (37th ed.). Remaja Rosda Karya.
Murphy, C. B. (2021), How Do Tangible and Intangible Assets “Measuring the Utility of Institutional Reform in the Public Service”. Social and Economic Studies, 58(1), h. 11—41.
Nurlatifa, A., Suratman, B., & Hariyati. (2021). Pola Pengelolaan Good Corporate Governance Badan Layanan Umum. Journal of Accounting Science, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.21070/jas.v5i1
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Layanan Umum.
Rambe, S., Dasopang, E. P., Ariadin, I., & Pahutar, M. (2023). Badan Layanan Umum (BLU) pada Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5555–5546. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1
Siringoringo, A. (2017). Mengembangkan Tata Kelola BLU. Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU Direktorat Jenderal Perbendaharaan. https://blu-djpb.kemenkeu.go.id/index.php?r=publication/article/view&id=13
Slamet, dkk. (2022). “Kognitif Pengelola Badan Layanan Umum dalam Mengelola Kekayaan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1)
Slamet, Esha IM. (2020), Kinerja Perguruan Keagamaan Tinggi Islam Negeri Badan Layanan Umum di Indonesia: Perspektif Balanced- Scorecard.
Slamet, Hidayatullah, A. D., & Mustolik. (2022). Kognitif Pengelola Badan Layanan Umum dalam Mengelola Kekayaan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 14–26. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v10i1.43806
Sulaeman, Nurodin, I., & Yuniarti, E. (2023). Implementasi Prinsip-Prinsip Good University Governance dalam Pengelolaan Aset Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Prosiding Konferensi Ilmiah Akuntansi (KIA), 10, 1–9.
Waluyo, Budi. (2014). “Analisis Permasalahan pada Implementasi Pola Pengelolaan Badan Layanan Umum”. Jurnal infoarta, 3, h. 27—38.
Waluyo, Indarto. (2011). “Badan Layanan Umum Sebuah Pola Baru Pengelolaan Keuangan di Satuan Kerja Pemerintah”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2).
William N. Dunn. (2005). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. UGM Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




