Peningkatan Layanan dalam Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM)

Penulis

  • Zakiyul Fuad Zein Planner of the UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.72

Abstrak

Policy paper ini membahas permasalahan ketimpangan antara jumlah mahasiswa dengan jumlah tenaga kependidikan pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pelayanan yang baik harus didukung, baik kualitas maupun kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kependidikan yang memadai. Sebagai Satuan Kerja Badan Layanan Umum (BLU), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dapat menyelenggarakan layanan akademik maupun layanan non akademik. Untuk menyelenggarakan layanan tersebut, dibutuhkan adanya SDM yang memadai. Tenaga kependidikan merupakan ujung tombak pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Penulis mencoba untuk mencari solusi atas peningkatan pesat jumlah mahasiswa yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah SDM tenaga kependidikan. Kondisi ini menyebabkan rasio jumlah mahasiswa dengan tenaga kependidikan yang tersedia menjadi tidak ideal dan berimbas terhadap kualitas layanan yang diberikan. Layanan yang cepat dan ramah sulit untuk diwujudkan. Dengan metode kualitatif deskriptif, penulis melakukan analisis sumber-sumber permasalahan dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Hasilnya, penulis merekomendasikan: 1) pimpinan memperketat kuota seleksi penerimaan mahasiswa baru; 2) pimpinan membangun sistem aplikasi yang terintegrasi ke dalam satu sistem database berbasis web, Android, dan IOS; 3) pimpinan melibatkan pihak lain dalam penyelenggaraan layanan tertentu; dan 4) pimpinan menggunakan metode Kerja Sama Manajemen (KSM) dalam pengelolaan bisnis non akademik BLU, sehingga SDM yang tersedia bisa lebih fokus kepada layanan akademik sebagai core business BLU UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050

Murni. (2019). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 13(2), 167–176. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7224%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4445/2926%0Ahttp://repository.unika.ac.id/20131/5/14.D1.0204 EVAN BUDI PRATAMA %286.03%29..pdf BAB IV.pdf%0Ahttps://media.neliti.com/media/publicati

Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.05/2016 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Rahadi, D. R. (2020). Konsep Penelitian Kualitatif, Plus Tutorial NVivo. In PT. Filda Fikrindo (Issue September).

Salama, A., Wijaya, A. F., & Hermawan, H. (2015). Perencanaan Kebutuhan Tenaga Kependidikan Berdasarkan Analisis Beban Kerja di Lingkungan Perguruan Tinggi (Studi pada Program Pascasarjana Universitas Brawijaya ). Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(04), 259–266. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2015.018.04.6

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Unduhan

Diterbitkan

12/30/2023

Cara Mengutip

Fuad Zein, Z. (2023). Peningkatan Layanan dalam Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 2(2). https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.72