Evaluasi dan Pengembangan Program Revitalisasi KUA sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Penulis

  • Abdul Haris Khoirul Alam Perencana Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v3i2.32

Abstrak

Policy Paper ini menguraikan bahwa layanan masyarakat pada Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan layanan yang banyak mendapatkan koreksi dari masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sehubungan dengan hal tersebut, maka layanan KUA akan ditingkatkan dengan menggunakan revitalisasi KUA. Namun pelaksanaan revitalisasi KUA terdapat banyak kendala yang tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Adapun tujuan analisa ini adalah untuk melakukan evaluasi dan pengembangan program revitalisasi KUA pada Provinsi Nusa Tenggara Barat. Analisa ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisa adalah: 1) Program revitalisasi KUA bukan hanya program Bimas Islam tetapi program Kementerian Agama secara komprehensif. 2) Revitalisasi KUA bukan hanya perubahan mindset dan culture set tetapi juga agent of change. 3)  Perubahan Utama pada revitalisasi KUA adalah pada perubahan sumber daya manusia. 4) Peningkatan sarana prasarana dilakukan berdasarkan skala prioritas kondisi KUA. 5) Perlu dilakukan perubahan aturan yang linier dengan program revitalisasi KUA khususnya aturan terkait SBSN sehingga dapat bersinergi untuk mempercepat progress revitalisasi KUA. Kesimpulannya bahwa program revitalisasi KUA akan berhasil jika terdapat kerjasama seluruh satuan kerja dalam Kementerian Agama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alifia, Nurun Ala Nur. (2013). Kualitas Pelayanan Pencatatan Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukolilo Surabaya, Publica, Volume 3 No 6

Bazarah, Jamil., Jubaidi, Ahmad dan Hubaib, Futum. (2021). KOnsep Pelayanan Publik di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, Volume 22 NO 2 DESEMBER 2021

Denhardt, J.V., dan Denhardt, R.B. (2003). The New Public Service: An Approach to Reform. International Review of Public Aministration Vol 8 No 1. 2004. The New Public Service: Serving, Not Steer-ing. New York: M.E Sharve

Dwiyanto, Agus. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ekowati, Mas Roro Lilik. (2009). Revitalisasi Organisasi Sektor Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 9 Nomor 1 (Januari, 2009).

Griffin, Ricky W. (2004). Manajemen, Edisi Ketujuh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hardjanto, Imam. (2006). Pembangunan Kapasitas Lokal (Local Capacity Building). Malang: Program Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo PErsada)

Lijan, Poltak Sinambela. (2008). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : BumiAksara

Milen, Anelli, (2004) Pegangan Dasar Pengembangan Kapasitas. Diterjemahkan secara bebas. Yogyakarta: Pondok Pustaka Jogja.

Moleong, Lexy J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

Muchtar. (2014). Pelayanan Kantor Urusan Agama Terhadap Pencatatan Perkawinan di Kota Kediri Pasca Deklarasi FKK-KUA se-Jawa Timur Tahun 2013. Jurnal Multikultural & Multireligius Vol. 13 No. 1

Rachmadi. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kabupaten Karimun. Tugas Akhir Program Magister (TAPM). Jakarta: Universitas Terbuka

Rivai, Veitzal dan Mulyadi, (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, Ari & Kusuma, Bayu Mitra Adhyatma. (2017). Revitalisasi Masjid Dalam Dialektika Pelayanan Umat dan Kawasan Perekonomian Rakyat. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, Vol. 1, No. 1, Januari - Juni 2017

Saragi, Siswati. (2017). Tinjauan Revitalisasi Pelayanan Kesehatan Dasar Tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Terhadap Peserta BPJS Di Puskesmas Biru-Biru. Jurnal Publik UNHAR Medan, Volume 11 No. 2 Januari

Soeprapto, H. R. Riyadi, (2003). Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah Menuju Good Governance. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Ilmu Administrasi Pembangunan padaFakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Diterbitkan

12/31/2024

Cara Mengutip

Khoirul Alam, A. H. (2024). Evaluasi dan Pengembangan Program Revitalisasi KUA sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 3(2), 189–218. https://doi.org/10.61860/jigp.v3i2.32