Mengoptimalkan Mutu Pendidikan Agama Islam: Analisis Kebutuhan dan Strategi Efektif Pengawasan di Kabupaten Nganjuk

Penulis

  • Lutfiatus Zuhroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v4i2.274

Abstrak

Artikel kebijakan ini menganalisis secara komprehensif permasalahan supervisi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan merumuskan strategi efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Nganjuk. Latar belakang permasalahan menunjukkan adanya ketidakseimbangan struktural antara jumlah pengawas PAI dengan lembaga pendidikan yang seharusnya mereka supervisi, sehingga mengakibatkan rendahnya efektivitas supervisi. Ketidakseimbangan ini diperparah dengan keterlambatan pengangkatan pengawas baru meskipun kualifikasinya memadai, serta implikasi administratif terhadap pembayaran tunjangan profesi guru. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan analisis USG, serta teori William Dunn. Secara teoritis, kondisi ini bertolak belakang dengan konsep supervisi modern yang menekankan peran pengawas sebagai fasilitator dan pemimpin instruksional. Keterbatasan sumber daya dan beban kerja yang tinggi mengakibatkan supervisi cenderung sporadis dan berfokus pada administrasi daripada pengembangan substantif. Temuan ini menunjukkan perlunya intervensi kebijakan yang strategis. Oleh karena itu, artikel ini merekomendasikan tiga strategi utama: 1) penyederhanaan proses birokrasi pengangkatan pengawas, 2) optimalisasi alokasi dan beban kerja pengawas yang ada, dan 3) pengembangan model supervisi berbasis masyarakat. Dengan menerapkan strategi ini, diharapkan sistem supervisi PAI di Kabupaten Nganjuk dapat menjadi lebih profesional, efektif, dan berkelanjutan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran PAI secara signifikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armstrong, M. (2006). A Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.

Bush, T. (2011). Theories of Educational Leadership and Management. SAGE Publications.

Dessler, G. (2017). Human Resource Management. Pearson

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2018). Pedoman Pengawasan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 697 Tahun 2025 Tentang Juknis Tunjangan Profesi Guru dan Pengawas Pendidikan Agama Islam

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. UGM Press.

Fayol, H. (1949). General and industrial management. Sir Isaac Pitman & Sons.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2004). SuperVision and Instructional Leadership. Allyn & Bacon.

https://journal.staialandina.ac.id/index.php/sharia/article/view/29

Huda, N., & Anwar, M. (2021). Peran Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145-160.

Jamil, M., & Mustofa, S. (2021). Pengawasan Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi: Tantangan dan Solusi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 75-90.

Kemendikbud-Ristek (BNSP, 2021) Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Keputusan Dirjen Pendis Nomor 697 Tahun 2025 Tentang Juknis TPG Guru dan Pengawas Pendidikan Agama Islam

Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Owens, R. G., & Valesky, T. C. (2011). Organizational Behavior in Education. Pearson.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor. 4 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Aparatur Sipil Negara di Daerah Provinsi, Kabupaten/kota

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah.

Peraturan Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah Dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah

Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran. Alfabeta.

Setiawan, A., & Yuliani, D. (2022). Analisis Beban Kerja Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Mutu Pembelajaran. Jurnal Edukasi Islam, 11(3), 201-215.

UNDP (1997). Governance for Sustainable Human Development.

Unduhan

Diterbitkan

10/11/2025

Cara Mengutip

Zuhroh, L. (2025). Mengoptimalkan Mutu Pendidikan Agama Islam: Analisis Kebutuhan dan Strategi Efektif Pengawasan di Kabupaten Nganjuk. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 4(2), 1069–1092. https://doi.org/10.61860/jigp.v4i2.274