Evaluasi Pendidikan Karakter Madrasah Aliyah dan Usulan Kebijakan Pembangunan Pendidikan Karaketr Berbasis Kolaborasi Masyarakat

Penulis

  • Eko Priyono Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v3i3.181

Abstrak

Policy paper ini menguraikan bahwa kasus kekerasan, tawuran antarpelajar, dan degradasi moral disebabkan oleh kegagalan pendidikan karakter untuk membangun karakter generasi penerus bangsa. Kegagalan implementasi pendidikan karakter disebabkan oleh faktor proses pembelajaran yang tidak tepat, yakni tidak menggunakan penalaran mengenai kewajiban untuk menerapkan nilai, tidak sesuai dengan tugas dan perkembangan remaja, tidak menekankan pada model struktur kepribadian, kurangnya peran orang tua dan masyarakat serta stakeholder. Tujuan dilakukan kajian ini adalah untuk melakukan analisis kritis evaluasi pendidikan karakter pada Madrasah Aliyah, sehingga dapat menekan angka tawuran, kekerasan antarpelajar dan degradasi moral remaja serta mengusulkan kebijakan pembangunan pendidikan karakter berbasis kolaborasi masyarakat. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer berupa pengisian angket untuk mengisi AHP dan observasi; data sekunder berupa data Madrasah Aliyah, laporan implementasi pendidikan karakter dan jurnal. Hasilnya menunjukkan: 1) implementasi pendidikan karakter pada Madrasah Aliyah di Daerah Khusus Jakarta belum dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kekerasan, tawuran antarpelajar dan degradasi moral; 2) kelemahan implementasi pendidikan karakter dianalisis dengan menggunakan logic model versi Wisconsins, sehingga memperoleh enam alternatif kebijakan; 3) keenam alternatif kebijakan dilakukan pemilihan kebijakan yakni pembangunan pendidikan karakter dengan kolaborasi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mengatasi masalah sosial yang melibatkan peserta didik. Kesimpulannya bahwa pembangunan pendidikan karakter perlu kolaborasi dengan orang tua, masyarakat, dan stakeholder untuk mengaplikasikan nilai tersebut pada kondisi nyata dan pemecahan persoalan sosial di masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu PendidikanKarakter Berbasis Agama, Budaya, DanSosiologi. Al-Fikar: Jurnal For Islamic Studies, 4(1), 181–202. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Ambiyar, M. (2019). No Title. Rajawali Press.

Amran, A., Perkasa, M., Jasin, I., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 233. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5

Anjari, W. (2013). Tawuran Pelajar dalam Perspektif Kriminologis, Hukum Pidana, dan Pendidikan. Majalah Ilmiah Widya - e-Journal.Jurwidyakop3.Com, Fakultas Hukum, Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta, 324, 34–40. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=250324&val=6691&title=Tawuran Pelajar Dalam Perspektif Kriminologis, Hukum Pidana, dan Pendidikan.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Astuti, N. S. E., Tantri Yanuar Rahmat Syah, S., & Indradewa, R. (2024). Strategic Planning and Human Capital Plan in Bina Insani University Business Development Project At Cikarang Campus. Syntax Admiration, 4(02), 7823–7830.

Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum.

Bustomi, M. I. (2024). Tawuran Terus Berulang dan Pelakunya yang Kian Nekat... Kompas. https://megapolitan.kompas.com/read/2024/10/04/07434461/tawuran-terus-berulang-dan-pelakunya-yang-kian-nekat#:~:text=Berdasarkan data Polda Metro Jaya,3%2F10%2F2024).

Chrisantina, V. S. K., Sugiyo, Hardyanto, W., & Pramono, S. E. (2019). Educational Planning of Human Rights Education Models on Elementary School Educators in Central Java Province, Indonesia. Ponte Academic Journal, 75(6).

CNN. (2024). Viral Tawuran di Jaktim hingga Tangan Putus, Korban Pelajar SMA. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240129112229-12-1055630/viral-tawuran-di-jaktim-hingga-tangan-putus-korban-pelajar-sma

Dina Nur Isnaeni, Aep Saepudin, & Huriah Rachmah. (2024). Strategi Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik melalui Mentoring Keputrian di SMA Negeri 5 Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 469–475. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12499

Effendy, S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong. Journal of Petrology, 4(2), 129. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3224

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014

Fitriyaningsih, K., & Bakhri, S. (2018). Kontrol Sosial dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Muslim di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Jurnal Sosiologi Reflektif, 12(1), 87. https://doi.org/10.14421/jsr.v12i1.1297

Gede Raka et al. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamdani, F., Setyawan, A., Kurniawan, Z., Toni, T., Wisnuhidayat, R. A. G. S., Anshori, A., Indonesia, K. R., Polri, S. L., & Anak, K. (2024). Analisis Fenomena Tawuran Antarpelajar. Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(2), 235–245.

Hanafi, M. (2015). Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Manajemen, 1(1). at:%0Ahttp://repository.ut.ac.id/4533/1/EKMA4116-M1.pdf.

Hanafi, Muhammad, & Rappang, S. M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru dalam Bingkai Pendidikan Karakter. 5(1), 2354–7294.

Hasan, S., Diwyarthi, N. D. M. S., Nugroho, H., Muniarty, P., Amruddin, Santoso, A., Sarjana, S., Afandi, A., Sari, Y. P., Tarigan, Y. A., & Solehudin. (2022). Pengantar Manajemen. In STIE Muahammadiyah Jakarta (Issue 2016051788). PT Global Eksekutif Teknologi. https://www.researchgate.net/profile/Syahril-Hasan/publication/363504033_manajemen_dan_organisasi/links/63202953873eca0c0082e9d2/manajemen-dan-organisasi.pdf#page=20

Hasanah, S. N., Mardiana, F., & Chamariyah, C. (2023). Peran Pelatihan, Motivasi Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) Sampang. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 6(1), 72–82. https://doi.org/10.37504/map.v6i1.507

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA (Studi pada SMAN dan MAN di Jakarta). TARBAWI: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 191–212. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tarbawi/article/view/1230

Holis, K., Quraisy, S., & Nurhadi, A. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Stakeholder Madrasah Aliyah (Tinjauan Hasil Penelitian dan Teori G.R. Terry). CONSILIUM Journal: Journal Education and Counseling, 3(1), 140–152.

Irmansyah, D., & Apriliawati, A. (2016). Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying di SMPN 156 Kramat Pulo Gundul Jakarta Pusat Tahun 2016. Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice, 8–17.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Jannah, M. (2016). Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangan dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(2).

Kautsar, N. D. (2024). Riwayat Tawuran Pelajar di Jakarta yang Sudah Ada sejak 1960-an, Dulu Guru Juga Jadi Korban. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jabar/riwayat-tawuran-pelajar-di-jakarta-yang-sudah-ada-sejak-1960-an-dulu-guru-juga-jadi-korban-89310-mvk.html

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Lesmana, A. S. (2024). Tawuran Pas Azan Magrib, Pelajar SMA di Kebon Jeruk Tewas Disambar Kereta. Suara.Com.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Muftianingrum, Y., Pudjiastuti, S. E., & Sawab, S. (2019). Efektivitas Edukasi Konsep Diri Untuk Meningkatkan Pengetahuan Perkembangan Remaja. Jendela Nursing Journal, 3(1), 11. https://doi.org/10.31983/jnj.v3i1.4494

Muslimin, I. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 108–130. https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2093

Nasrudin, E., Sandi, M. K., Alfian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.55288

Nirmawati, A. A., Mohtarom, A., Ma’ruf, A., & Yusuf, W. F. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Aswaja di Madrasah Aliyah Ma’Arif Sukorejo. Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 21(2), 226. https://doi.org/10.69552/ar-risalah.v21i2.2056

Norliani, Seneru, W., Fitrisiswanty, Vanchapo, A. R., Kholis, N., & Hamirul. (2023). Analisis Pendekatan Sosiologis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Baubau. Journal on Education, 06(01), 1–54. https://eprints.umm.ac.id/94465/

Penyusun, T. (2011). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta; Pusat Kurikulum, Balitbang Kemendiknas Kemendiknas.

Rahmawati, S., Yusuf, A., Zahra, S., & Sunan Ampel Surabaya Abstract, U. (2023). Peranan Teori Belajar Psikoanalisa Dalam Pembentukan Karakter Remaja. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 2023(19), 769–778. https://doi.org/10.5281/zenodo.8418234.

Rahmi, A., & Januar, J. (2019). Pengokohan Fungsi Keluarga Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Degradasi Moral pada Remaja. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 5(1), 62–68.

Rifai Lubis, R. (2019). Historitas dan Dinamika Pendidikan Karakter di Indonesia. An-Nahdhah: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Keagamaan, 1(2), 70–82.

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Ardianti Restianty, R., & Irna Sari, L. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.263

Shiddiq, A. F. (2021). Maraknya Tawuran Antarpelajar Yang Dapat Merusak Persatuan dan Kesatuan NKRI. Journal Pendidikan, 1–13. https://osf.io/xauhc

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Siagian, S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Slamet Pamuji. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Journal of Pedagogi, 1(1), 9390–9394. https://doi.org/10.62872/08pbgk95

Suhaida, S., Hos, H. J., & Upe, A. (2018). Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Desa Masaloka Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bomabana). Nucleic Acids Research, 3(2), 4250432. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Bandung: Bumi Aksara.

Sumadi, E. (2018). Anomali pendidikan karakter. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.846

Syahputra, M. C., & Maida, N. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter: Dari Kebijakan Publik Untuk Kebajikan Publik. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 17(1), 25–39. https://doi.org/10.24042/tps.v17i1.9611

Tasya Alifia Izzani, Selva Octaria, & Linda Linda. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578

Taylor-Powell, E., Jones, L., & Henert, E. (2003). Enhancing Program Performance with Logic models. University of Wisconsin-Extension. yi.extension.wisc.edu/programdevelopment/files/2016/03/lmcourseall.pdf

Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aura Publishing. www.aura-publishing.com

Tranggono, T., Jasmin, K. J., Amali, M. R., Aginza, L. N., Sulaiman, S. Z. R., Ferdhina, F. A., & Effendie, D. A. M. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi di Era Globalisasi dan Peran Pendidikan terhadap Degradasi Moral pada Remaja. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 1927–1946. http://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/299

Triandiva, M. (2023). Dampak Tawuran Antarpelajar di SMKN 1 Budi Utomo Jakarta. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 11. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.9514

Wage, I. N., Atmadja, N. B., & Sriartha, I. P. (2020). Evaluasi Efektifitas Program Penguatan Pendidikan Karakter ditinjau dari Contexs, Input, Process, dan Product. Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 94–105. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3401

Waty, F., Setiawan, T., & Hermanto, Y. P. (2022). Mengatasi Degradasi Moral Anak Remaja Akibat Pengaruh Media Sosial. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 3(1), 39–53. https://doi.org/10.54553/kharisma.v3i1.81

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Umayaika, 1(6). https://umayaika.wordpress.com/wp-content/uploads/2012/04/evaluasi-program.pdf

WIjaya, C. (2017). Pengantar Evaluasi Program. Jakarta: Perdana Publishing.

Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 11(1), 915–931. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_sistem_pembetungan_terpusat_strategi_melestari.

Unduhan

Diterbitkan

03/24/2025

Cara Mengutip

Priyono, E. (2025). Evaluasi Pendidikan Karakter Madrasah Aliyah dan Usulan Kebijakan Pembangunan Pendidikan Karaketr Berbasis Kolaborasi Masyarakat. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 3(3), 505–534. https://doi.org/10.61860/jigp.v3i3.181