Kebijakan Perencanaan dan Penganggaran Dana BOS Madrasah Swasta di DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama

Penulis

  • Danang Sulistya Hady Perencana Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v3i2.70

Abstrak

Policy paper ini mengkaji kebijakan perencanaan dan penganggaran dana BOS madrasah swasta dengan fokus pada empat isu utama, yaitu: (1) transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana, (2) kesesuaian alokasi dengan kebutuhan madrasah, (3) ketepatan waktu pencairan dana, dan (4) kapasitas sumber daya manusia pengelola BOS di madrasah. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pada studi kasus (case study) dan metode analisis kebijakan, termasuk analisis SWOT, untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi efektivitas kebijakan. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun kebijakan BOS telah memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan akses pendidikan, ternyata masih terdapat beberapa kelemahan yang perlu diatasi. Kurangnya transparansi dan akuntabilitas, ketidaksesuaian alokasi, keterlambatan pencairan, dan kapasitas SDM yang terbatas merupakan tantangan utama. Oleh karena itu, kajian ini merekomendasikan beberapa perbaikan, antara lain: (1) penguatan sistem informasi dan publikasi online untuk meningkatkan transparansi, (2) revisi formula alokasi dana dan penguatan proses penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) berbasis kebutuhan, (3) penyederhanaan proses administrasi dan peningkatan koordinasi antarinstansi untuk mempercepat pencairan dana, serta (4) peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan pendampingan. Dengan demikian, kajian ini menyimpulkan bahwa perbaikan tata kelola dana BOS secara komprehensif dan berkelanjutan sangat penting untuk memastikan dana tersebut digunakan secara efektif dan efisien, sehingga dapat memberikan dampak yang optimal bagi peningkatan mutu pendidikan di madrasah swasta. Evaluasi kebijakan secara berkala juga diperlukan untuk mengidentifikasi potensi permasalahan baru dan merumuskan solusi yang tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardani, S. S. (t.t.). D-iii_akuntansi_6-44_shafira-salsabila-ardani_1302181689 PDF (perpustakaan.stan.ac.id). chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://perpustakaan.stan.ac.id/wp-content/uploads/ninja-forms/13/d-iii_akuntansi/d-iii_akuntansi_6-44_shafira-salsabila-ardani_1302181689.pdf

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

BOS Kemenag. (2023, Maret 22). Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kementerian Agama RI. https://bos.kemenag.go.id/#berita_agenda

BOS Kemenag. (2024). Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kementerian Agama RI. https://bos.kemenag.go.id/#berita_agenda

Cropley, A. (2022). Introduction to Qualitative Research Methods: A Practice-oriented introduction. Editura Intaglio; doi: 0.13140/RG.2.1.3095.6888/1. https://www.researchgate.net/publication/285471178_Qualitative_Research_Methods_A_Practice-Oriented_Introduction

Detikedu. (2022, September 7). Pagu Anggaran Pendidikan 2023 Capai Rp 612,2 Triliun, Bagaimana Alokasinya? https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6314278/pagu-anggaran-pendidikan-2023-capai-rp-612-2-triliun-bagaimana-alokasinya

Eko Wahyu. (2023). Hasil wawancara, Pengelola BOS pada Sub Dit Kelembagaan dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah, Kementerian Agama [Wawancara]. Eko Wahyu, Direktorat KSKK Madrasah, Kementerian Agama.

Hamdi. (2023). Kebijakan Pengelolaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Madrasah di Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmiah Gema Perencana, 2(2), 309–332.

Isom, Moh. (2022). Laporan Akhir Proyek Perubahan Kebijakan Strategis dalam Peningkatan Kualitas Tata Kelola Madrasah di Indonesia Melalui e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik). Dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional TingkAT II Angkatan XXII Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI 2022. Pelatihan Kepemimpinan Nasional TingkAT II Angkatan XXII Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Jakarta.

Kementerian Agama. (2022, Mei). Dekatkan Layanan, Kemenag Salurkan Langsung Dana BOS Madrasah di Masalembu Sumenep. https://www.kemenag.go.id/daerah/dekatkan-layanan-kemenag-salurkan-langsung-dana-bos-madrasah-di-masalembu-sumenep-5szmdn

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah. https://bos.kemdikbud.go.id/news/view/petunjuk-teknis-bos-tahun-2015-57780433bb1e14974e9913af

Lestari, L., & Waizul Qarni. (2022). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. VISA: Journal of Vision & Ideas, 2(3), 31–36. https://doi.org/10.47467/visa.v2i3.1268

Pasal 80 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2022.

Puslapdik Kemdikbud. (2023, Agustus). Anggaran Pendidikan 2024 Meningkat Jadi Rp660,8 triliun. https://puslapdik.kemdikbud.go.id/anggaran-pendidikan-2024-meningkat-jadi-rp6608-triliun/

Putri Aklima. (2020). “Efektivitas Pengelolaan Dana BOS Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MIN 3 Banda Aceh”. Dalam, Skripsi.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

William N. Dunn. (2005). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. UGM Press.

Wulandari, E., Siti Nurjanah, & Ari Saptono. (2019). Pengaruh Anggaran Pendidikan dan Kualitas Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Mutu Pembelajaran di Indonesia pada tahun 2015-2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran dan Akuntansi, 7(2), 101–111. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPEPA.007.2.3

Unduhan

Diterbitkan

12/31/2024

Cara Mengutip

Sulistya Hady, D. (2024). Kebijakan Perencanaan dan Penganggaran Dana BOS Madrasah Swasta di DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 3(2), 277–298. https://doi.org/10.61860/jigp.v3i2.70