Analisis Kebijakan Program Ekoteologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi: Tantangan Kurikulum dan Sinergi
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v4i2.270Abstrak
Artikel kebijakan ini dilatarbelakangi dari belum berhasilnya program prioritas ekoteologi dari Kementerian Agama di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kesenjangan terjadi antara tujuan ideal program untuk menghasilkan lulusan yang relevan dan kenyataan di lapangan, di mana implementasi kurikulum belum terintegrasi secara efektif dengan kebutuhan nyata masyarakat dan industri lokal, serta lemahnya sinergi antar pemangku kepentingan. Metodologi tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, studi kasus dan analisis Urgency, Seriousness, Growth (USG) serta teori William N. Dunn. Hasil tulisan menunjukkan bahwa "Kurangnya Relevansi Kurikulum" merupakan masalah paling prioritas dengan total skor 14. Akar masalahnya adalah keterbatasan pemahaman dan kesadaran dari pemangku kepentingan internal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengenai urgensi pembaruan kurikulum. Alternatif kebijakan yang paling efektif adalah " Revisi Kurikulum Berbasis Kemitraan" dengan skor 21. Kesimpulan dan Saran dari tulisan ini merekomendasikan penerbitan Surat Edaran Rektor untuk menerbitkan Revisi Kurikulum Program Ekoteologi Berbasis Kemitraan yang melibatkan akademisi, praktisi, industri, dan pemerintah daerah untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan tantangan lingkungan kontemporer
Unduhan
Referensi
Data Realisasi Anggaran UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2024).
Data Rencana Kerja Anggaran UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2025).
Database Mitra dan Jaringan Kerjasama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2025).
Dobson, A. (2003). Citizenship and the Environment. Oxford University Press. Oxford University Press. https://doi.org/https:///doi.org/10.1093/0199258449.001.0001
Dokumen SPMI. (2024). Sistem Penjaminan Mutu Internal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Dunn, W. N. 2012. (1385). Public Policy Analysis: An Integrated Approach (Vol. 17). Pearson Education.
Freeman, R. edward. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/b.9780631218616.2006.00007.x
Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. Herder and Herder.
Gray, B. (1989). Collaborating: Finding Common Ground for an Interdependent World. Jossey-Bass.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7290 Tahun 2020 tentang Panduan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). (2020).
Laporan Analisis Kebutuhan Riset Internal, LPPM, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2024).
Laporan Kementerian Agama RI tentang Enam Strategi Majukan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri. (2023).
Laporan Pengembangan SDM UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2024).
Laporan SIMAK BMN UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2024).
Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (1983). Implementation and Public Policy. Scott, Foresman.
McDaniel, J. B. (1983). Of God and Pelicans: A Theology of Reverence for Life. Wetminster/John Knox Press.
Muhson, A., D. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja.
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasinya. Remaja Rosdakarya.
Outlook Kementerian Agama. (2024).
Peraturan Menteri Agama No. 13 Tahun 2022 tentang Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Auditor Halal dan Penyelia Halal. (2022).
Peraturan Menteri Agama No. 5 Tahun 2020 tentang Standar Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Perguruan Tinggi. (2020).
Peraturan Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2020 tentang Standar Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Perguruan Tinggi. (2020).
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (2015).
Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. (2014).
Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (2014).
Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan. (2019).
Profil Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2025).
Rogers, E. M. (n.d.). Diffusion of Innovations, 5th ed. Free Press.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (2012).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (2009).
Wawancara dengan LPM, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (. (2025).
Wawancara dengan LPPM, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (2025).
Wawancara dengan perwakilan KLHK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi Jambi. (2024).
Wawancara dengan Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2025).
Wiles, J. W. (2009). Curriculum Essentials: A Problem-Solving Approach. Pearson.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Risye Martarika

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




