Pelayanan Keagamaan Jemput Bola oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau di Wilayah Hinterland Kepulauan Riau

Penulis

  • Andi Febriana Perencana Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.98

Abstrak

Kanwil Kemenag Kepri terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah hinterland dengan program jemput bola. Program ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, mempermudah akses layanan dan meningkatkan kualitas layanan. Jenis layanan yang tersedia meliputi: pendaftaran haji dan umrah, pendaftaran nikah, pengesahan surat nikah, bimbingan manasik haji, penyuluhan agama, pelayanan zakat dan wakaf, serta pendidikan keagamaan. Metode pelayanan yang digunakan adalah dengan menurunkan petugas dan mobil keliling ke wilayah hinterland, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pada studi pustaka dan wawancara di lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa program ini bermanfaat bagi masyarakat karena mereka tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan layanan Kemenag, sehingga menghemat waktu dan biaya. Program ini masih menghadapi beberapa tantangan, seperti wilayah hinterland yang luas dan terpencil, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya sumber daya manusia, Kanwil Kemenag Kepri terus berusaha untuk meningkatkan kualitas program ini. Program jemput bola merupakan upaya yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah hinterland dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Irving M. Zeitlin. 1998. Memahami Kembali Sosiologi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ketchum. 1972. Coastal Planning and Management. London: E &FN Spon.

Nata, Abuddin. 2011. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Perreault, William D. dan E. Jerome McCarthy, 2006. Essentials of Marketing: A Global-Managerial Approach. Tenth Edition, New York: McGraw-Hill.

Ikhwan Tohari. 2017. “Service Excellence dalam Menciptakan Loyalitas Nasabah (Studi atas Sistem Layanan Jemput Bola di Baitul Maal wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Kantor Cabang Pembantu Kanigoro Blitar). http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6320

Imam Setiyohadi.2008. “Karateristik dan Pola Pergerakan Penduduk Kota Batam dan Hubungannya Dengan Perkembangan Wilayah Hinterland). http://eprints.undip.ac.id/17776/1/IMAM_SETIYOHADI.pdf

Arifuddin Siraj. 2018. “Refungsionalisasi Aparat Pelayanan Keagamaan di Kantor Kementerian Agama Kota Makassar”. Dalam, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik. Volume 8 Nomor 1 Januari - Juni 2018, Hal 45-52. https://media.neliti.com/media/publications/309983-none-4c18b19f.pdf

DLN Anisa, Lisa Norlaili, Miftahush Shurur, RN Maulidia, Syamsul Ma’arif. 2019. “Efektifitas Pelayanan Terpadau Satu Pintu Berbasis Masyarakat di Kementerian Agama Kabupaten Jombang”. Dalam, Jurnal Administrasi Pendidikan Islam. Volume 1, Nomor 1, Maret 2019. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/download/914/390/2913

Fakhruddin dan M. Ishom. 2017. “Pelayanan Keagamaan di Kawasan Perbatasan Entikong dan Sekayam, Kalimantan Barat”. Dalam, Harmoni: Jurnal Multikultural dan Multireligios, Volume 16, Nomor 1, Januari-Juni 2017. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/ index.php/harmoni/article/view/67

Noni Kusnita, YS. Wibowo, IS Tanjung, Riant Nugroho. 2021. “Analisis Kebijakan Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar dalam Mendukung Potensi Bisnis Transportasi Laut di Kepulauan Riau”. Dalam, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, Volume 1, Juni 2021, 724-734.https://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/article/download/105/222/1114

Rahma Katrina. 2017. “Inovasi Pelayanan Program Kerja Online Malam (KOLAM) pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Nganjuk”. Dalam, Publika: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Volume 5, April 2017, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/18831

Syafril KA, Sujarwanto. 2015. “Pengembangan Pelayaran Perintis pada Perintis Pulau-Pulau Terisolir di Kepulauan Riau”. Dalam, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, Volume 1, Juni 2021,724-734, https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnallaut/article/view/1411#

Teguh Himawan, Ronggo Susanto. 2014. “Kebutuhan Angkutan Laut yang Menghubungkan Pulau-Pulau Terpencil di Wilayah Kepulauan Riau”. Dalam, Warta Penelitian Perhubungan, Volume 26, Nomor 6, Juni 2014; https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/article/download/899/611

Unduhan

Diterbitkan

04/29/2024

Cara Mengutip

Febriana, A. (2024). Pelayanan Keagamaan Jemput Bola oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau di Wilayah Hinterland Kepulauan Riau. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 2(3). https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.98