Analisis Kebijakan Perencanaan Keuangan di Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar

Penulis

  • Siti Jauhari Perencana UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v3i1.90

Abstrak

Policy Paper ini menguraikan masalah kebijakan perencanaan keuangan di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar, yang berfokus pada: (1) proses penyusunan kebijakan perencanaan keuangan, (2) elemen dan ketentuan yang tercantum dalam kebijakan perencanaan keuangan, (3) implemenetasi kebijakan perencanaan keuangan di FAH UIN Alauddin Makassar, serta (4) monitoring dan evaluasi efektivitas dan efisiensi kebijakan perencanaan keuangan. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan kunci, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kebijakan perencanaan keuangan di FAH UIN Alauddin Makassar telah dirumuskan dengan baik dan melibatkan berbagai pihak. Namun terdapat beberapa kendala dalam implementasi kebijakan, seperti kurangnya pemahaman oleh staf dan keterbatasan sumber daya serta monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas dan efisiensi kebijakan perencanaan keuangan. Dengan demikian, kebijakan perencanaan keuangan di FAH UIN Alauddin Makassar perlu dioptimalkan dengan: (1) Meningkatkan pemahaman staf tentang kebijakan melalui pendidikan dan pelatihan; (2) Memperkuat sistem monitoring dan evaluasi untuk memastikan efektivitas dan efisiensi kebijakan; serta (3) Meningkatkan koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam perencanaan keuangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan Pendidikan Tinggi dalam upaya peningkatan mutu. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1).

Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan Pendidikan Tinggi dalam upaya peningkatan mutu (studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1).

Adam, & Lanontji, M. (2021). Kebijakan otonomi perguruan tinggi sebagai dampak reformasi keuangan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Teaching, 2(1).

Alimuddin, F. H., Haliah, & Kusumawati, A. (2022). Penerapan penganggaran berbasis kinerja pada Perguruan Tinggi di Indonesia. ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 3(2).

Ananta, P. S. (2023). Anggaran Pendidikan Tinggi Indonesia belum mencapai titik temu, FGB ITB berharap penuh pada DPR. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Anggreni, P., & Suartini, N. W. (2019). Strategi pengembangan sumber daya manusia di 3 Perguruan Tinggi dalam menghadapi persaingan global (studi pada universitas di Provinsi Bali). ISEI Business and Management Review, 3(1).

Caine, V., Clandinin, D. J., & Lessard, S. (2002). Narrative inquiry: philosophical roots. London: Bloomsbury Academic.

Cresswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. California: Sage.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Manajemen Keuangan: Materi Pelatihan Terpadu untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan dan Asesmen.

Gitman, L. J., & Zutter, C. J. (2015). Principles of Managerial Finance. Edinburgh: Person Education Limited.

Jauhari, S. (2023, 8). Wawancara dengan bendahara fakultas. (B. F. Makassar, Interviewer)

Jauhari, S. (2023, 8). Wawancara dengan wakil dekan 2 . (W. D. FAH, Interviewer)

Krippendorff, K. (2004). Content analysis: an introduction to its methodology (2 ed.). California: Sage Publications. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=q657o3M3C8cC&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Laihad, R. A., Lengkong, V. P., & Saerang, R. T. (2019). Analisis faktor-faktor yang menyebabkan resistensi dalam proses perubahan organisasi di otoritas jasa keuangan Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Lesmana, D. (2011). Pengaruh penganggaran partisipatif, sistem pengukuran kinerja dan kompensasi insentif terhadap kinerja manajerial perguruan tinggi swasta di Palembang. Kajian Ekonomi, 10(2).

Lussiana, & Fidiana. (2019). Transparansi dan akuntabilitas kinerja anggaran penyelenggaraan Pendidikan Tinggi melalui integrasi sistem informasi keuangan. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, 4(1).

Lutfiani, N., Rahardja, U., & Manik, I. S. (2020). Peran inkubator bisnis dalam membangun startup pada perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 5(1).

Nazaruddin, I., & Setyawan, H. (2012). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah dengan budaya organisasi, komitmen organisasi, motivasi, desentralisasi, dan job relevant information sebagai variabel moderasi. Journal of Accounting and Investment, 12(2).

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah Pendidikan Nasional, faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 5(2).

Premananda, N. L., & Latrini, N. M. (2017). Pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi anggaran terhadap kinerja anggaran pada Pemerintah Kota Denpasa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(3).

Ratag, W. A., Kumenaung, A. G., & Engka, D. S. (2019). Pengaruh perencanaan anggaran terhadap penyerapan anggaran di lingkungan Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, 20(3).

Rosita, A. (2018). Perancangan sistem informasi perencanaan dan kontrol anggaran di Perguruan Tinggi (studi kasus pada Universitas Widyatama Bandung). Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018. Pangkalpinang: STMIK Atma Luhur.

Safitri, U., Nuarizal, A., & Gistituati, N. (2021). Urgensi analisis kebijakan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1).

Santika, E. F. (2023, 5 2). Anggaran pendidikan APBN 2023 paling tinggi sepanjang sejarah. Retrieved from Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/14/anggaran-pendidikan-apbn-2023-paling-tinggi-sepanjang-sejarah

Santosa, A. B. (2018). Penganggaran Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Allan G. Schick. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7: Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah „Aisyiyah (APPPTMA).

Santoso, A. B., & Cahyono, J. P. (2023). Kebijakan penganggaran sektor publik berbasis kinerja. Journal of Economic Community Service, 1(1).

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. Research: Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 3(1).

Setyanto, R., RIdloah, S., & Suryasai, A. (2022). Analisis transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. JMM UNRAM - Master of Management Journal, 11(3).

Shah, A. (2007). Participatory Budgeting. Washington: The World Bank.

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).

Diterbitkan

08/12/2024

Cara Mengutip

Jauhari, S. (2024). Analisis Kebijakan Perencanaan Keuangan di Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 3(1). https://doi.org/10.61860/jigp.v3i1.90