Analisis Kritis Optimalisasi Potensi Digitalisasi Layanan Sesuai Karakteristik Masyarakat dan Demografi Wilayah Provinsi Sumatera Utara

Penulis

  • Ali Yunan Hutabarat Perencana Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.61

Abstrak

Digitalisasi layanan merupakan salah satu program prioritas nasional, tetapi tidak semua satuan kerja dapat mengimplementasikan program tersebut secara optimal sesuai target kinerja. Salah satu indikator gagalnya implementasi digital pada layanan masyarakat adalah sedikitnya pengguna layanan digital dibanding dengan layanan konvensional. Adapun tujuan dibuat analisis ini adalah melakukan deskripsi dan analisa digitalisasi layanan pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dan melakukan analisa pada beberapa alternatif kebijakan untuk dijadikan sebagai kebijakan yang dapat diimplementasikan pada seluruh wilayah di Provinsi Sumatera Utara. Analisa ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dianalisa menggunakan analisis SWOT. Hasil analisa ini adalah: 1) Kesalahan dalam pembuatan kebijakan digitalisasi layanan berdampak pada implementasi kebijakan yang tidak optimal sebagaimana terdapat pada output dan outcome Renstra; 2) Solusi atas kesalahan dalam pembuatan kebijakan dapat dilakukan pembaruan kebijakan menggunakan analisis SWOT dengan prioritas pengambilan kebijakan sesuai Kuadran II, yakni memaksimalkan potensi (kekuatan) untuk meminimalisir ancaman. Kesimpulannya bahwa pembuatan kebijakan bukan hanya hasil pemikiran dengan menguraikan program yang terdapat pada dokumen perencanaan, tetapi membutuhkan data dukung yang valid, reliabel, dan dilakukan analisa secara akademis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustino, L. (2017). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.

Alif, M., & Warsono, H. (2019). Analisis Pengembangan E-Government Dalam Penyediaan Akses Informasi Di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Jl., 8(4), 510–524.

Armanto, E. H., Salahudin, & Mulyono, H. (2022). EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK (STUDI EVALUASI PROGRAM ONE VILLAGE ONE PRODUCT DI KABUPATEN PASURUAN). Jurnal Kebijakan Publik, 1–19. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjAxMmL7M2EAxXFa2wGHc4wCIM4ChAWegQIAxAB&url=https%3A%2F%2Fpemerintahan.umm.ac.id%2Ffiles%2Ffile%2FNASKAH%2520FIX%2520ERICK%2520(1)%2520pdf.pdf&usg=AOvVaw1FCmGoojbLPSIzzdrECHZv&opi=89978449

Aya Pastrana, N., & Sriramesh, K. (2014). Corporate Social Responsibility: Perceptions and practices among SMEs in Colombia. Public Relations Review, 40(1), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2013.10.00

Batubara, N. F. (2022). Nelangsa Layanan Internet di Kepulauan Nias. Kabar Sumatera. https://sumatra.bisnis.com/read/20220523/533/1536114/nelangsa-layanan-internet-di-kepulauan-nias

Bryson, J. M. (2004). What Do When Stakeholders Matter : Stakeholder Identification and Analysis Techniques. Hubert H. Humphrey Institute of Public Affairs.

Burhanudin Gesi, Rahmat Laan, F. L. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. Jurnal Manajemen, 3(2). http://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA

Dunn, W. N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Hanindita Graha Widya.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gajah Mada University Press.

Dunn, W. N. (2018). Public Policy Analysis. aylor & Francis.

Fatmariyanti, Y., & Fauzi, A. (2023). Kebijakan Publik Versi William Dunn: Analisis Dan Implementasi. Journal of Humanities and Social Studies, 1(1), 1–9.

Fitriasari, F. (2020). How do Small and Medium sized Enterprises (SME) survive the COVID-19 outbreak? Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(3), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jiko.v5i3.11838

Hawa, P., & Salomo, R. V. (2020). Kesiapan Digitalisasi Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 6(1), 8–19. https://doi.org/10.33084/restorica.v6i1.1251

Holik. (2024). Di Panyabungan Timur, Listrik Mati Jaringan Telkomsel dan Indosat Hilang. Antara News. https://sumut.antaranews.com/berita/519072/di-panyabungan-timur-listrik-mati-jaringan-telkomsel-dan-indosat-hilang

Holt, D. T., Armenakis, A. A., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2007). Readiness for organizational change: The systematic development of a scale. Journal of Applied Behavioral Science, 43(2), 232–255. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0021886306295295

Kurniawatik, A. T., Khaerunnisa, K., & Tasya, T. (2021). Melek Information and Communications Technology (ICT) Pada Masyarakat Pedesaan Di Era Globalisasi. Cebong Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.3

KWELJU, J. (2019). Peran Kebijakan Publik Dalam Meningkatkan Daya Saing Pariwisata Di Kota Ambon Provinsi Maluku. Badati, 1(1), 55–71. https://doi.org/10.38012/jb.v1i1.197

Manar, D. G., & Alfirdaus, L. K. (2023). Analisis Kegagalan Inovasi Pemerintah Daerah. POLITIKA" Jurnal Ilmu Politik, 14(1), 18–30. https://doi.org/10.14710/politika.14.1.2023.18-30

Novianto, R., & Novita, M. (2023). Digitalisasi Layanan Publik: Meningkatkan Responsifitas dan Kecepatan Tanggapan dalam Pengaduan Air Minum PDAM Kabupaten Jepara melalui Sistem …. Prosiding Seminar Nasional …, 2023, 649–656. https://conference.upgris.ac.id/index.php/infest/article/download/3840/2496

Prabowo, I., & Fanida, E. (2018). Inovasi Pelayanan Kepegawaian Melalui Aplikasi Sistem Informasi Mobile Kepegawaian Terintegerasi (Simoker) Berbasis Android Di Badan Kepegawaian Kota Mojokerto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Prihartono, D., & Tuti, R. W. (2023). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192–201. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.5179

Saputro, A., & Martono, B. (2022). Inovasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dalam Menekan Kkn Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Journal of Research and …, 1(1). https://journal.lppspsemarang.org/index.php/Jarvic/article/view/43

Shalahuddin, P. A., & Mufidah. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7).

Styareni, A., & Fanida, E. (2021). Inovasi Pelayanan “Joss Banget Mas” (Jemput Online Single Submission Bersama Instansi Terkait Dan Malam Hari Bisa) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blita. Publika, 63–76. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v9n1.p63-76

Suwitri, S. (2008). Konsep Dasar Kebijakan Publik. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Utara, B. P. S. P. S. (2023). Provinsi Sumatera Utara Dalam Angka. CV. E’Karya.

Unduhan

Diterbitkan

04/29/2024

Cara Mengutip

Hutabarat, A. Y. (2024). Analisis Kritis Optimalisasi Potensi Digitalisasi Layanan Sesuai Karakteristik Masyarakat dan Demografi Wilayah Provinsi Sumatera Utara. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 2(3). https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.61