Strategi Kebijakan Pendidikan Berkualitas pada Madrasah Aliyah Negeri di Papua

Penulis

  • Dwiharjanto Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v4i1.223

Abstrak

Makalah Kebijakan ini dibuat dengan tujuan untuk menganalisa strategi kebijakan pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Papua dalam upaya mewujudkan pendidikan berkualitas di tengah berbagai keterbatasan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi studi dokumen kebijakan pendidikan, wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan seperti kepala madrasah, penanggung jawab data, serta melakukan observasi partisipatif di beberapa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang tersebar di wilayah Papua. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif-interpretatif, dengan fokus pada identifikasi pola-pola kebijakan, tantangan implementasi, dan dampak yang dihasilkan. Analisis mendalam dilakukan untuk memahami konteks sosio-kultural dan geografis Papua yang mempengaruhi efektivitas kebijakan. Makalah Kebijakan ini juga mengevaluasi kesesuaian antara kebijakan yang dirumuskan dengan kebutuhan riil di lapangan serta mengidentifikasi potensi inovasi yang dapat diterapkan untuk mengatasi hambatan. Temuan dari Makalah Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif bagi pengembangan kebijakan pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Papua, dengan tujuan akhir meningkatkan akses dan mutu pendidikan bagi generasi muda di wilayah tersebut. Berdasarkan analisis dan pembahasan, penulis mengusulkan kebijakan optimalisasi anggaran dan tata kelola infrastruktur untuk menjawab problem statement. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua diharap dapat menginisiasi usulan anggaran yang progresif untuk memenuhi fasilitas pendukung satuan pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jurnal Evaluasi Pendidikan. 2021. “Analisis Capaian Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah di Papua: Studi Komparatif Antarprovinsi.” Vol. 13(2):87–100.

Jurnal Geografi Papua. 2022. “Dampak Aksesibilitas Geografis terhadap Kehadiran Siswa Madrasah di Pegunungan Papua.” Vol. 4(1):22–35.

Jurnal Hukum dan Pendidikan. 2022. “Otonomi Pendidikan Madrasah di Papua: Tantangan Implementasi Kebijakan Khusus.” Vol. 9(1):10–24.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam. 2023. “Kesenjangan Digital dalam Pembelajaran Madrasah Aliyah di Papua: Tantangan dan Solusi.” Vol. 5(1):45–58.

Jurnal Kebijakan Publik. 2023. “Efektivitas Alokasi Anggaran Pendidikan Madrasah di Provinsi Papua: Analisis dan Rekomendasi.” Vol. 11(3):270–85.

Jurnal Pembangunan Sosial. 2023. “Pendidikan sebagai Instrumen Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengentasan Kemiskinan di Papua.” Vol. 7(4):330–45.

Jurnal Pendidikan Islam. 2022. “Infrastruktur Pendidikan Madrasah di Wilayah Timur Indonesia: Studi Kasus MAN Papua.” Vol. 10(2):112–25.

Jurnal Pendidikan Islam. 2024. “Masa Depan Pendidikan Madrasah di Papua: Strategi Peningkatan Kualitas Menuju Indonesia Emas.” Vol. 12(1):1–15.

Jurnal Pendidikan Madrasah. 2020. “Pengembangan Kurikulum Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal untuk Madrasah di Papua.” Vol. 8(4):310–25.

Jurnal Penelitian Pendidikan. 2020. “Metode Pengumpulan Data untuk Riset Pendidikan di Wilayah Terpencil Papua.” Vol. 12(3):200–215.

Jurnal Sosiologi Pendidikan. 2021. “Peran Komunitas dan Keluarga dalam Mendukung Pendidikan Madrasah di Masyarakat Adat Papua.” Vol. 6(2):150–65.

Jurnal Studi Pendidikan Islam. 2021. “Kompetensi Guru Madrasah Aliyah di Daerah Terpencil: Analisis Kebutuhan Pelatihan di Papua.” Vol. 7(3):201–15.

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua. 2025. Statistik 2024 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2021.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. 1945.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. 2001.

Unduhan

Diterbitkan

07/31/2025

Cara Mengutip

Dwiharjanto. (2025). Strategi Kebijakan Pendidikan Berkualitas pada Madrasah Aliyah Negeri di Papua. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 4(1), 625–648. https://doi.org/10.61860/jigp.v4i1.223