Perencanaan Kerja Sama dengan Lembaga Penyiaran dalam Mengkampanyekan Pesan Kerukunan pada Televisi
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v1i3.18Abstrak
Artikel ini menguraikan masalah pemeliharaan kerukunan sebagai prioritas utama, karena kerukunan menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Kemenag Tabanan berkewajiban untuk mengkampanyekan kerukunan di masyarakat. Salah satu upaya kampanye kerukunan adalah melalui penayangan iklan layanan masyarakat pada televisi. Adanya kebijakan anggaran berupa automatic adjustment menjadi hambatan dalam pencapaian target kinerja. Pencapaian target kinerja tidak boleh berhenti, justru harus dicarikan solusi agar target kinerja tetap tercapai. Kerja sama lintas sektoral antara Kemenag Tabanan dengan Lembaga Penyiaran merupakan sebuah keniscayaan. Untuk itu dilakukan perencanaan yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi sebagai landasan pengambilan kebijakan kampanye kerukunan melalui televisi. Tujuannya: (1) Merencanakan pencapaian beberapa target kinerja dalam satu aktivitas kerja sama penayangan iklan layanan masyarakat pada televisi; (2) Mengefisienkan pengeluaran biaya melalui penayangan iklan layanan masyarakat pada media televisi dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha; (3) Mengefektifkan penyampaian pesan kerukunan dengan sasaran masyarakat yang aktif mengakses media konvensional televisi. Metode yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur dan dilakukan analisis terhadap faktor eksternal untuk melihat tantangan dan potensi yang ada. Berdasarkan analisis maka pilihan kebijakan yang direkomendasikan adalah kerja sama antara Kemenag Tabanan dengan Lembaga Penyiaran Publik untuk menyampaikan kerukunan melalui iklan layanan masyarakat pada media televisi.
Unduhan
Referensi
Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi di Era Internet. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, Volume 2, Nomor 1, 101-110. doi:https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19880
Doran, G. T. (1981). There’s a S.M.A.R.T. way to write managements’s goals and objectives. Management Review, 35-36.
Hasugian, L. P. (2016, Maret). PERENCANAAN STRATEGI KOLABORASI UNIVERSITAS UNTUK MENGOPTIMALKAN KERJA SAMA U2U. Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 6, no. 1, 49-62. doi:https://doi.org/10.34010/jati.v6i1.744
Hermarani, P., Amanda Gelgel, N., & Alit Suryawati, I. (2021). Strategi Bali TV dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Stasiun Televisi Lokal di Bali. E-Journal Medium, 1-9. Diambil kembali dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/73761
Jainita, U. (2022, Juli 21). Riset Nielsen tunjukkan kenaikan jumlah penonton TV Indonesia. Diambil kembali dari Antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/3010785/riset-nielsen-tunjukkan-kenaikan-jumlah-penonton-tv-indonesia
Kerja sama. (2022). Diambil kembali dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kerja%20sama
Mahardika, A. A. (2020, Desember 12). Mengenal Budaya Bali Melalui Televisi. Diambil kembali dari Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/angelamahardika/5fd47ad8d541df4ea66945c4/mengenal-budaya-bali-melalui-televisi
Mutmainah, N., Eriyanto, Triwibowo, W., & Salamah, U. (2020). Riset Khalayak Penonton Televisi Pandangan Generasi Z Tentang TVRI. Jakarta: Unit Kajian Komunikasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Politik FISIP UI.
Olfah, S. (2018). Tinjauan Efisiensi Anggaran Dalam Penganggaran Berbasis Kinerja Pada Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga (Studi Pada Satuan Kerja di Lingkungan Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan Tahun Anggaran 2011 Sampai 2015). Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), 2(1), 70-88. doi:https://doi.org/10.33827/akurasi2018.vol2.iss1.art35
Presidensi G20 Indonesia 2022. (t.thn.). Diambil kembali dari Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/g20/default.aspx
Rahman, W. A. (2021). Strategi Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Pengembangan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Sleman. El Madani: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, Vol. 2 No. 02Tahun 2021, 237-260. doi:https://doi.org/10.53678/elmadani.v2i02.294
Ras Amanda G, N., & Yuri Cahyani, D. (2015). Pola Konsumsi Siaran Televisi Di Denpasar: Statistik Deskriptif. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan. 129-135. doi:10.24843/JEKT.2015.v08.i02.p03
Statistik, B. P. (2022). Jumlah Penduduk menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, dan Jenis Kelamin, Indonesia 2020. Dipetik 2022, dari Badan Pusat Statistik: https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/85
Statistik, B. P. (2022, Juli 11). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Mengakses Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, 2019-2021. Dipetik 2022, dari Badan Pusat Statistik: https://bali.bps.go.id/statictable/2018/04/13/95/persentase-penduduk-usia-5-tahun-ke-atas-yang-mengakses-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dalam-3-bulan-terakhir-menurut-kabupaten-kota-2019.html
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002. (2002, Desember 28). Penyiaran. Jakarta. Diambil kembali dari https://www.kpi.go.id/download/regulasi/UU%20No.%2032%20Tahun%202002%20tentang%20%20Penyiaran.pdf
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021. (2021, Oktober 27). Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022. Jakarta, Indonesia. Diambil kembali dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/185161/uu-no-6-tahun-2021
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 I Putu Putra Yasa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




