Manajemen Strategi Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Provinsi Kepulauan Riau (Pendekatan Kebijakan, Implementasi, dan Evaluasi PMA Nomor 31 Tahun 2013)

Penulis

  • Khairul Saleh Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.61860/jigp.v4i1.176

Abstrak

Policy paper ini menguraikan bahwa pengawasan akademik dan manajerial pendidikan merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam baik di madrasah maupun sekolah umum. Tulisan ini mengulas manajemen strategi yang diterapkan oleh pengawas madrasah dan pengawas pendidikan agama Islam di Provinsi Kepulauan Riau untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam. Fokusnya adalah pada pendekatan kebijakan, implementasi, dan evaluasi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 31 Tahun 2013 tentang pengawas pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui analisis dokumen kebijakan dan wawancara dengan para pihak terkait. Tujuannya adalah mengidentifikasi bagaimana strategi pengawasan dirumuskan, dilaksanakan, dan dievaluasi guna mencapai standar mutu pendidikan yang lebih tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa PMA Nomor 31 Tahun 2013 telah menjadi landasan penting, namun implementasinya menghadapi sejumlah tantangan. Pelaksanaan pengawasan akademik di madrasah dan sekolah umum belum terlaksana dengan baik sesuai ketentuan yang ada. Temuan ini mengindikasikan bahwa fungsi supervisi akademik, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, belum terlaksana secara maksimal. Analisis menggunakan kerangka teori manajemen strategi mengungkapkan bahwa salah satu penyebab utama adalah kurangnya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengawas dalam supervisi akademik. Sebagai hasilnya, terdapat rekomendasi untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI), Ini semua bertujuan untuk mengoptimalkan peran pengawas dalam peningkatan mutu pendidikan Islam di Provinsi Kepulauan Riau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, T. 2019. Peningkatan Kompetensi Pengawas Pendidikan Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-15.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Astari, Tri. 2022. “Refleksi Coaching Pengawas Sekolah Dasar.” INCOME: Indonesian Journal of Community Service 1(2):1–16.

Astuti, dan Danial. 2019. “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(1):31–45. doi: 10.19109/elidare.v5i1.3495.

Astuti, Eka Yuli, Tobari, dan Tahrun. 2020. “Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah.” JMKSP:Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 6(1):140–47.

Chandra, Pasmah. 2020. “Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi.” Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5(2).

Darmawan, I. Putu Ayub, Opan Arifudin, Reno Renaldi, dan Ni Made Rianita. 2021. Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan (Model, Teknik, dan Implementasi). Bandung: Widina Bhakti Persada.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas

Fattah, N. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Hatta, M. 2019. “Implementasi Isi Atau Materi Pendidikan (Iman, Islam, Ihsan, Amal Saleh, Dan Islah) Di Sd Muhammadiyah 7 Pekanbaru.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 2(1):1–16. doi: 10.24014/ijiem.v2i1.7121.

Kanwil Kemenag Prov. Riau. 2023. Laporan Kinerja Tahunan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Riau: Kanwil Kementerian Agama Prov. Riau.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Jakarta: Kementerian Agama.

Khoiri, Ahmad. 2016. “Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):73–97. doi: 10.51311/nuris.v6i2.132.

Kisbiyanto. 2015. Manajemen Pendidikan Pendekatan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Idea Publishing.

Litbang dan Diklat Kementerian Agama. (2019). Laporan Hasil Penelitian Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Misbahuddin, dan Iqbal Hasan. 2019. Analisis Data Kajian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mubarak, Muhammad Zaki, Saiful Fuad, dan Nur Kholid. 2023. “Implementasi Total Quality Management Perspektif Hensler dan Brunell di Pondok Pesantren Salafiyah.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 9(2):1–16. doi: 10.26594/dirasat.v9i2.3690.

Mukarromah, Siti, Arini Rosyidah, dan Dewi Nur Musthofiyah. 2021. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah.” AR-ROSIKHUN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):1–17. doi: 10.18860/rosikhun.v1i1.13889.

Mulyasa. 2018. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhasan. 2005. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurindah, Ritza. 2018. “Pengaruh Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 3(1):43–48.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-15.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwandari, K. 2013. Pendekatan Kualitatif Untuk Kajian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP3 UI.

Rofiki, Moh, Nadrah, Cahyo Hasanudin, Sutrisno, Rizki Ananda, dan Kevin William Andri Siahaan. 2022. “Hadith Learning Strategies in Early Childhood Education.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6):7141–52. doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3373.

Sahertian, P. A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, H. 2020. Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Pengambilan

Slamet, A. 2021. Efektivitas Pengawasan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 200-210.

Setiawati, Fenty. 2020. “Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan 30(1):57–66. doi: 10.52030/attadbir.v30i01.31.

Siahaan, Amirudin. 2006. Manajemen Pengawas Pendidikan. Jakarta: Quantum.

Syafruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Sudirman, R., & Hamzah, I. 2021. Tantangan Implementasi Kurikulum di Daerah Kepulauan. Jurnal Pendidikan Geografi, 5(1), 25-38.

Sugiyono. 2017. Metode Kajian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunengsih, Neneng, Cahya Syaodih, dan Suharyanto H. Soro. 2021. “Implementasi Peraturan Menteri Agama tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kota Bandung.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7):621–23. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.322.

Sutikno, Tri Atmadji. 2013. “Manajemen Strategik Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Persaingan Mutu.” Teknologi dan Kejuruan 36(1):87–96.

Syapii, Nuraini. 2024. “Supervisi Pendidikan Dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer.” An-Nahdlah: Jurnal Pendikan Islam 3(3):213–19.

Tjahjono, Herry. 2013. Culture Based Leadership. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tohirin. 2013. Metode Kajian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Wesnedi, Candra, Lias Hasibuan, dan Kemas Imron Rosadi. 2021. “Efektifitas Supervisi Pengawas Madrasah di Kementerian Agama Provinsi Kepri Perspektif Kontemporer.” PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan 9(2):304–18.

Unduhan

Diterbitkan

06/11/2025

Cara Mengutip

Saleh, K. (2025). Manajemen Strategi Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Provinsi Kepulauan Riau (Pendekatan Kebijakan, Implementasi, dan Evaluasi PMA Nomor 31 Tahun 2013). JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 4(1), 265–290. https://doi.org/10.61860/jigp.v4i1.176