Analisis Kebijakan Anggaran Berbasis Akreditasi di Institut Agama Islam Negeri Kendari
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v3i1.141Abstrak
Policy paper ini menguraikan masalah kebijakan anggaran berbasis akreditasi di IAIN Kendari bahwa perguruan tinggi dihadapkan pada desakan untuk meningkatkan mutu dan daya saing, termasuk melalui peningkatan akreditasi program studi dan institusi. Sementara pengelolaan anggaran yang berfokus pada akreditasi menjadi strategi penting dalam mendukung upaya tersebut. Dengan mengalokasikan sumber daya dengan cermat untuk mendukung kegiatan yang mendukung pencapaian standar akreditasi, perguruan tinggi dapat menjamin efisiensi dan efektivitas penggunaan dana yang dimiliki. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pada studi pustaka, di mana penulis banyak merujuk pada data dan sumber primer dan sekunder yang ada. Hasilnya menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pengelolaan anggaran berbasis akreditasi di IAIN Kendari adalah kurangnya kerangka regulasi yang mengatur proses pengusulan anggaran berorientasi pada peningkatan akreditasi. Tanpa panduan yang jelas, alokasi dana untuk mendukung peningkatan akreditasi dapat menjadi tidak terarah dan kurang efektif. Dengan demikian penulis merekomendasikan bahwa untuk memastikan keberhasilan kebijakan pengelolaan anggaran berbasis akreditasi, langkah-langkah konkret diperlukan, seperti sinergi dengan indikator kinerja utama institusi, pembuatan regulasi yang jelas, keterlibatan aktif Lembaga Penjaminan Mutu, peningkatan kesadaran dan pelatihan, serta pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Abdurrahmansyah & Rismawati, I. (2022). Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjamin Mutu dengan Pendekatan Total Quality Management. Jurnal Perspektif, 6(2), 154–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i2.177
Ariani, D. (2017). Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi BHMN Harus Patuhi Aturan. Journal FKIP UNS. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10697/8374
Arifin, I., Juharyanto, Mustiningsih, & Taufiq, A. (2018). Islamic Crash Course as a Leadership Strategy of School Principals in Strengthening School Organizational Culture. SAGE Open, 8(3). https://doi.org/10.1177/2158244018799849
Ehrenberg, R. G. (2007). Financial Management in Higher Education. Cornell University Press.
Frinosta, E., Defit, S., & Sumijan. (2021). Optimalisasi Penggunaan Anggaran dalam Menunjang Proses Tri Darma Pendidikan pada Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 3, 83–88. https://doi.org/10.37034/infeb.v3i3.78
Hadi, H. (2016). Kebijakan Pendidikan Nasional Terhadap Pendidikan Islam Dan Pendidikan Sekuler. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40(2), 390–409. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.304
Indri Febrianti, M. S. (2023). Peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan. JUMPIS : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 11–23. http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/jumpis
Jaenuddin;, Arif;, M. N. R. Al, & Ihsani., I. F. (2022). Implementasi Kebijakan Tata Kelola Pembiayaan Badan Layanan Umum pada Universitas Islam Negeri. Jurnal Perspektif, 6(1), 62–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i1.167
Kemp, S., & Dunbar, E. (2003). Budgeting for Managers. McGraw-Hill.
Larasati, R., Asnawi, M., Hafizrianda, Y., Akuntansi, P. M., & Cenderawasih, U. (2018). Analisis Penerapan Good University Governance Pada Perguruan Tinggi Di Kota Jayapura. 2(2), 304–323.
Weaver;, S. C., & Weston, J. F. (2007). Strategic Financial Management: Applications of Corporate Finance. Cengage Learning.
Yulianingsih, Y. (2016). Manajemen Akreditasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi. Al-Idarah Kependidikan Islam, 5(1), 93.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nasrullah Sulaiman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




