Evaluasi Program Bimbingan Remaja Usia Sekolah di Tengah Maraknya Permohonan Dispensasi Nikah di Provinsi Aceh
DOI:
https://doi.org/10.61860/jigp.v3i3.173Abstrak
Policy paper ini menguraikan bahwa remaja berada pada masa transisi, yang sangat rentan terhadap pelanggaran dikarenakan salah pergaulan. Dengan demikian, maka banyak dilakukan permohonan dispensasi nikah yang disebabkan oleh kesalahan dan pelanggaran yang dilakukan oleh remaja. Tingginya dispensasi nikah berbanding terbalik dengan adanya program Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS). Tujuan kajian ini adalah untuk melakukan analisis kritis evaluasi program BRUS dalam pencapaian tugas dan perkembangan remaja dan fenomena masih banyaknya permohonan dispensasi nikah di Provinsi Aceh. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan model countenance stake dan AHP. Hasil kajian: 1) implementasi program BRUS masih banyak kendala yakni kurang anggaran, terbatasnya kualitas dan kuantitas SDM, kurang fasilitas, kurang materi inovatif, tidak ada konsistensi alokasi anggaran, kesalahan evaluasi; 2) evaluasi dengan countenance stake menghasilkan informasi bahwa kelemahan dalam program BRUS diawali sejak pembangunan kebijakan yang tidak menganalisis sumber daya, maka program tersebut diimplementasikan dengan berbagai keterbatasan sumber daya baik sumber daya berwujud maupun tidak berwujud; 3) evaluasi dengan menggunakan countenance stake menghasilkan 6 (enam) isu kebijakan yang dilakukan pemilihan bobot urgency-nya dengan menggunakan AHP dan diperoleh pengembangan sumber daya sebagai human capital perlu dilakukan transformasi. Human capital dikembangkan dengan strategic positioning, human resource accountability, human resource technology, dan human resource competence. Dengan demikian, human capital merupakan faktor penentu keberhasilan, karena SDM mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang bisa dikembangkan, walaupun sumber daya lain mengalami keterbatasan.
Unduhan
Referensi
Agus Milu Susetyo, Junaidi, J., Vera Wardani, Subyantoro, S., & Wagiran, W. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan Semester Antara Menggunakan Model Countenance stake. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2130–2143. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3680
Ande, D. F., Dahlan, R. M., & Sukardi, S. (2018). From Penrose to Sirmon: The Evolution of Resource Based Theory. Journal of Management and Leadership, 1(2), 1–13.
Armanto, E. H., Salahudin, & Mulyono, H. (2022). Evaluasi Kebijakan Publik (Studi Evaluasi Program One Village One Product di Kabupaten Pasuruan). Jurnal Kebijakan Publik, 1–19. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjAxMmL7M2EAxXFa2wGHc4wCIM4ChAWegQIAxAB&url=https%3A%2F%2Fpemerintahan.umm.ac.id%2Ffiles%2Ffile%2FNASKAH%2520FIX%2520ERICK%2520(1)%2520pdf.pdf&usg=AOvVaw1FCmGoojbLPSIzzdrECHZv&opi=89
Astuti, N. S. E., Tantri Yanuar Rahmat Syah, S., & Indradewa, R. (2024). Strategic Planning and Human Capital Plan in Bina Insani University Business Development Project at Cikarang Campus. Syntax Admiration, 4(02), 7823–7830.
Fadila. (2023). 54 ABG di Aceh Besar Ajukan Dispensasi Nikah Salah Satu Penyebab Hamil di luar Nikah. Mahkamah Syar’iyah Jantho.
Ferreira, J. J., Azevedo, & Ortiz, R. F. (2010). Contribution of Resource-Based View and Entrepreneurial Orientation on Small Firm Growth. Cuadernos de Gestion, 11(1), 95–116.
Gillis, A. S. (2024). HR Technology (Human Resources Tech). TechGuide. https://www.techtarget.com/searchhrsoftware/definition/HR-technology
Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Hidayat, M. T., & Aziz, A. F. (2024). Implementasi Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) dalam Rangka Upaya Mencegah Pernikahan Usia Dini (Studi Kasus Kemenag Kabupaten Jombang Tahun 2021-2023). Al Furqan: Jurnal Agama, Sosial dan Budaya, 3(4), 37–48.
Hidayatulloh, A. S., & Faruq, H. A. (2024). Pelaksanaan Bimbingan Remaja Usia Sekolah yang Menjadi Problematika Kantor Urusan Agama dalam Mencegah Pernikahan Dini (Studi Kasus di KUA Kec.Mojosari Kab.Mojokerto). Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 746–753.
Hurlock, El. B. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, Niswah, C., & Egito, L. (2023). Menumbuhkan Minat Calon Peserta Didik Sekolah yang Berbentuk Promosi atau bahkan Iklan Sekalipun Patut untuk Menjadi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1544–1555.
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Jannah, M. (2016). Remaja dan Tugas-Tugas Perkembangan dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(2).
Juni, P. D. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kamaluddin, A., Kassim, N., Alam, M. M., & Samah, S. A. A. (2018). Human Capital Accountability and Construct: Evidence from Islamic Microfinance Institutions in Malaysia. Global Journal al-Thaqafah, 2018, 117–130. https://doi.org/10.7187/gjatsi2018-08
Lestari, A., Nurkhalis, & Achmad. (2023). Manajemen Evaluasi Model Countennce Stake pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Lempuing Ogan Komering Ilir Tahun Pelajaran 2022/2023. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 709–721. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1140/568
Lestyanto, R. W., & Sudarmo. (2024). Analisis Responsivitas Stakeholder dalam Implementasi Program Jo Kawin Bocah di Kabupaten Blora. Jurnal Mahasiswa Wacana Publik, 4(1), 90–101.
Musa Masing, & Rahma Widyana. (2021). Marketing Mix Method sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan di SMA Kristen Barana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 459–468. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.111
Nazhifah, N. (2017). Pengaruh Verbal Abuse, Kualitas Komunikasi Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(3), 262. https://doi.org/10.31315/jik.v15i3.2177
Noer, M. U. (2022). Islamic Work Ethic: The Role of Religious Principles on Working Performance in Higher Education. Borneo International Journal of Islamic Studies (BIJIS), 4(2), 1–20.
Prasojo, L. D., Mukminin, A., & Mahmudah, F. N. (2018). Manajemen Strategi Human Capital dalam Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Simbolon, A. M. Y., Junaidi, J., Hanani, S., Sumarni, W., Bashori, B., & Fadilah, R. (2024). Manajemen Human capital dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDIT Baiturrahim. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 5(2), 163–173.
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model. New York: The Guildford Press.
Suhaida, S., Hos, H. J., & Upe, A. (2018). Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Desa Masaloka Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bomabana). Nucleic Acids Research, 3(2), 4250432. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah dan Implikasinya terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494
Tasya Alifia Izzani, Selva Octaria, & Linda Linda. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578
Terry, G. (2010). The Management of Human Resource Development Based on the Action,Planning, Organizing, and Controling. Journal of Management, 10(2).
Terry, G. R. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.
Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Aura Publishing. www.aura-publishing.com
Utami, H. & Alamanos, E. (2023). Resource-Based Theory: A Review. https://open.ncl.ac.uk/
Zainul, M., & Azmussya’ni, A. (2021). Menilik Bentuk Komunikasi Antara Anak dan Orang Tua. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 6(2), 17–23. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.449
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




